Lompat ke isi utama
x

Mahasiswa Teknik Kimia Unsyiah Gelar EXPO CHAIN ke-V

chain ke v

Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Unsyiah menggelar acara tahunan mereka yaitu EXPO CHAIN (Chemical Engineering In Action) yang kelima di Halaman Jurusan Teknik Kimia Unsyiah. CHAIN V kali ini mengangkat tema “Millenials’ Role in Innovation to Face Industrial Revolution 4.0”. EXPO CHAIN diadakan selama empat hari pada 3-6 Oktober 2019 yang diisi dengan bermacam-macam stand menarik yaitu Industrial Exhibition, Food and Coffee Corner, Scholarship Fair, Book Fair, Blood Donors, dan Performing Art Festival. EXPO CHAIN juga mengadakan kompetisi bagi siswa SMA untuk mengisi EXPO CHAIN yaitu Millennials Product 4.0, dimana siswa menciptakan produk berbasis teori IPTEK dan memiliki nilai jual serta nilai guna yang dapat bermanfaat di dalam kehidupan, siswa juga memamerkan produk mereka di stand-stand EXPO. Kompetisi lainnya yang diadakan adalah Panggung Akustik dan Musikalisasi Puisi untuk kalangan umum yang menampilkan bakat seni peserta dan juga diharapkan sebagai hiburan pendamping bagi para pengunjung EXPO.

lombaRangkaian acara CHAIN ke-V ini sebenarnya telah dimulai sejak bulan Agustus dengan mengadakan perlombaan bagi siswa SD, SMP, dan SMA di beberapa daerah di Aceh, yaitu Langsa, Lhokseumawe, Sigli, dan Banda Aceh yang diikuti oleh 1.560 peserta. Perlombaan yang diadakan di daerah adalah Open Memory Championship (OMC) dan Olimpiade Teknik Kimia (OTK). OMC merupakan sebuah lomba mengingat yang sering diadakan di dunia Internasional, lomba ini memungkinkan pesertanya untuk mengetahui cara belajar yang paling efektif bagi mereka, selain bersaing menjadi pemenang sebagai pengingat terkuat. Sementara OTK diadakan sebagai ajang promosi Teknik Kimia kepada siswa SMA yang akan memilih jurusan kuliah nantinya, OTK ini berisi soal-soal Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi tingkat SMA. Pemenang OTK di setiap daerah juga akan dibiayai oleh panitia untuk berangkat ke Banda Aceh untuk mengikuti Final Lomba OTK tingkat Aceh di panggung EXPO CHAIN pada hari Minggu, 6 Oktober 2019. Yang mana pemenang dari final Lomba OTK tingkat Aceh akan dijadikan sebagai duta Teknik Kimia dan akan diberikan beasiswa jutaan rupiah selama setahun.

Acara CHAIN ini disponsori oleh beberapa industri di Indoneisa dan khususnya di Aceh, yang sangat mengapresiasi acara ini sebagai ajang untuk mengenalkan profesi insinyur teknik dan peran industri dalam meningkatkan perekonomian daerah. Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HIMTEK) Unsyiah mengharapkan rangkaian acara CHAIN ini dapat berdampak besar bagi masyarakat khususnya para milenial yang menjadi penerus tonggak pembangunan daerah di masa yang akan datang, sehingga masyarakat Aceh dapat lebih menerima keberadaan industri, sadar akan cara pemanfaatan sumber daya alam yang efektif, serta mempersiapkan pribadi masing-masing demi sumber daya manusia yang lebih baik kedepannya.