Lompat ke isi utama
x

Mahasiswa Program Fast Track

Ilham Perkasa Bako, Mahasiswa Program Fast Track Jurusan Teknik Kimia Pertama yang melaksanakan Sidang Tugas Akhir

 

           

Ilham Perkasa Bako yang biasa dipanggil Ilham adalah salah seorang mahasiswa yang mengikuti program fast track angkatan pertama di Program Studi Sarjana (S1) Jurusan Teknik Kimia, Universitas Syiah Kuala. Alumni SMAN 3 Medan ini dikenal sangat menyenangi fisika, matematika, dan kimia. Kecintaannya pada ilmu pengetahuan tersebut yang membawanya jatuh hati pada Teknik Kimia dan memilih Jurusan Teknik Kimia Universitas Syiah Kuala sebagai tempat untuk melanjutkan studi selepas dari SMA tahun 2016.

Program fast track merupakan program percepatan studi bagi mahasiswa berprestasi program sarjana untuk melanjutkan pendidikan pascasarjana (S2 atau magister) secara berkelanjutan. Umumnya, program S1 dapat ditempuh hingga 5 tahun, namun dengan program fast track maka mahasiswa dapat menyelesaikan pendidikan sarjana dan magister hanya dalam kurun waktu 5 tahun.

Menjadi kebanggaan tersendiri tentunya bagi Ilham karena dapat menjadi mahasiswa program fast track pertama di Jurusan Teknik Kimia Unsyiah yang menjalankan sidang tugas akhir. Sidang tugas akhir sebagai pertanda sudah menyelsaikan program S1 telah berlangsung pada hari Rabu tanggal 29 Juli 2020 bertempat di Jurusan Teknik Kimia, Unsyiah. Selama menjadi mahasiswa program fast track, Ilham mengaku dituntut harus cepat belajar beradaptasi dengan lingkungan pendidikan pascasarjana yang berbeda dengan S1. "Masuk ke lingkungan S2 itu buat saya sebuah suasana baru yang berbeda dengan S1, saya dituntut harus menyelesaikan tugas akhir S1 tepat pada waktunya dan menyelesaikan tugas S2" ucap pria yang juga pernah menjadi mahasiswa penerima dana hibah PKM-Penelitian dan peserta ON MIPA ini.

            Seperti mahasiswa lainnya, Ilham juga tidak ingin menyia-nyiakan kesempatannya dalam melakukan penelitian. Ia menjadikan penelitian PKM sebagai cara untuk melanjutkan penelitian sebagai tugas akhir dari program sarjananya. lham melakukan semua kegiatan tersebut dengan senang dan semangat. "Saya merasa bahwa menjadi mahasiswa Teknik Kimia adalah pilihan hidup saya," jawab Ilham yang juga telah mempersiapkan diri dengan baik untuk melanjutkan studi ke program pascasarjana.