Lompat ke isi utama
x

The 3rd International Ocean Camp 2020

Muhammad Zhafran, mahasiswa Teknik Kimia yang mengikuti The 3rd International Ocean Camp 2020 di National Taiwan Ocean University

Empat delegasi Universitas Syiah Kuala mengikuti program The 3rd International Ocean Camp yang di selenggarakan oleh National Taiwan Ocean University. Dua mahasiswa Fakultas Teknik yang menjadi delegasi adalah Muhammad Zhafran yang berasal dari Jurusan Teknik Kimia dan Ihza Azizul Hakim yang berasal dari Jurusan Teknik Sipil. Dua peserta lainnya adalah Muhammad Zaki Mubarak yang berasal dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, dan Rachmat Fazil Isda yang berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Program ini berlangsung selama 10 hari dan dimulai pada tanggal 21 Oktober 2019 hingga 31 Oktober 2019 di Keelung, Taiwan. Program ini diikuti oleh 4 negara Asia Tenggara yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam dengan jumlah peserta sebanyak 90 orang dari berbagai latar belakang, baik mahasiswa maupun dosen sekalipun.  

Ada empat universitas dari Indonesia yang terlibat dalam program ini, yakni Universitas Syiah Kuala, Universitas Airlangga, Universitas Gajah Mada, dan Universitas Sriwijaya. Dalam kegiatan ini seluruh delegasi mendapatkan pengetahuan baru tentang ilmu perikanan, manajemen transportasi perkapalan, teknologi perikanan, serta potensi bisnis industri perkapalan dan kapal pesiar di pasar Asia Pasifik. Selain itu, para delegasi juga belajar dasar-dasar Bahasa Mandarin meliputi kosakata dan percakapan yang umum dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya itu, seluruh delegasi juga dibawa berkeliling tempat wisata yang terletak di wilayah utara Taiwan, seperti Heping Island, Taipei 101, Yehliu Geopark, dan Jiufen Old Street. Seluruh peserta juga diajak mengunjungi National Museum of Marine Science and Technology untuk melihat beragam fauna unik koleksi museum ini yang berasal dari seluruh dunia dan melihat langsung bagaimana pemeliharaan ikan air laut, air payau & air tawar. Seluruh delegasi juga dapat berkesempatan bertemu dengan mahasiswa-mahasiswa sesama negaranya yang sedang berkuliah di National Taiwan Ocean University dalam acara Culture day, dimana seluruh delegasi dapat menyantap makanan khas setiap negara dan berfoto dengan memakai baju adat negara tersebut.

Dan yang sangat tidak kalah menarik yaitu pengalaman Cruise Trip dimana seluruh delegasi mengelilingi pelabuhan Keelung dengan cruise berukuran kecil dan belajar mengenai komponen-komponen yang ada di pelabuhan, proses angkat muat barang ke dalam kargo, serta proses keluar dan masuknya kapal di pelabuhan Keelung. Ini merupakan pengalaman yang sangat luar biasa karena pengalaman ini belum tentu diperoleh di Indonesia. Dengan melihat sangat besarnya potensi kelautan Indonesia, pengalaman ini membuka wawasan Zhafran dan delegasi Indonesia lainnya, bahwasanya laut dapat menjadi sumber mata pencaharian yang besar apabila semuanya di lakukan dengan benar dan sesuai.   

Berikut beberapa foto dan dokumentasi selama program: