Skip to main content
x

Sejarah Singkat

Program Studi Teknik Kimia (PSTK) Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) didirikan pada tahun 1977 sebagai respon terhadap  pertumbuhan kawasan industri di bagian utara Provinsi Aceh dan telah menjadi pilihan bagi calon mahasiswa baik dari dalam maupun luar Aceh. Alumni PSTK Unsyiah telah bekerja di berbagai bidang pekerjaan baik di Indonesia maupun di luar negeri. Secara umum, bidang pekerjaan yang diharapkan untuk alumni PSTK Unsyiah adalah process engineering, research and development, dan consultancy service. Selain ketiga kelompok pekerjaan di atas, banyak juga lulusan PSTK Unsyiah saat ini bekerja mandiri atau pada pekerjaan tak berkaitan dengan bidang ilmunya, yang membutuhkan semangat kewirausahaan dan kemampuan manajemen yang baik. Hal ini terjadi seiring dengan perubahan environmental settings yang sangat cepat selama dekade terakhir.

            Pada tahun 2004 PSTK Unsyiah telah mendapat akreditasi A berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI No. 013/BAN-PT/Ak-VII/S1/IV/2004 dan kemudian pada proses re-akreditasi PSTK Unsyiah kembali mendapatkan akreditasi A berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT No. 022/BAN-PT/Ak-XIII/S1/X/2010 yang berlaku sejak tanggal 22 Oktober 2010 sampai dengan 22 Oktober 2015. Selanjutnya pada proses re-akreditasi tahun 2015 PSTK Unsyiah kembali mendapatkan akreditasi A berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT No. 773/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2015 yang berlaku sejak tanggal 10 Juli 2015 sampai dengan 10 Juli 2020.

            Saat ini, selain telah memiliki 11 laboratorium, PSTK Unsyiah juga memiliki beberapa unit pendukung yaitu: Unit Ruang Baca, Unit Pusat Komputer TK, Unit Bimbingan dan Konseling, Unit Publikasi, Unit Alumni Carier Center, Unit Pusat Kajian Industri, Unit Studio Perancangan dan Unit Mushalla At-Tafakur. Dalam menghadapi tantangan utama di bidang sains dan teknologi, pemerintah merencanakan tercapainya peningkatan ekonomi dan sosial sejalan dengan perubahan paradigma pendidikan tinggi.Untuk itu PSTK